Nicky Hayden Meninggal Tertabrak Mobil Saat Bersepeda

Spekulasi beredar menyusul meninggalnya Nicky Hayden, mantan bintang MotoGP yang belakangan berlaga di World Superbike (WSBK). Kecelakaan tragis yang menimpanya dikaitkan dengan dugaan mendengarkan musik di jalan raya.

Sebuah koran lokal di Italia, Rimini Today, dikabarkan memiliki rekaman CCTV (Closed Circuit Television) yang menggambarkan detik-detik kecelakaan itu terjadi. Hayden dalam rekaman itu tampak mengabaikan tanda berhenti sebelum tertabrak sebuah mobil Peugeot 207CC.

Dikutip dari Express.co.uk, beredar rumor bahwa Hayden yang mengendarai sepeda melintasi persimpangan tanpa melihat. Tengah diselidiki pula dugaan bahwa ketika tabrakan terjadi, Hayden tengah mendengarkan musik.

Rumor tersebut dikaitkan dengan temuan alat pemutar musik digital iPod yang terhubung dengan headphone di sekitar tempat kejadian. Belum dipastikan apakah pemutar musik tersebut adalah milik Hayden, namun rumor ini mengingatkan risiko mendengarkan musik saat berkendara.

Sebuah penelitian di University of Alabama menyebut bahwa mendengarkan musik saat menyeberang jalan bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Distraksi oleh musik yang didengarkan melalui headphone disebut lebih berbahaya dibandingkan saat mengetik SMS (Short Message Service) maupun berbicara di telepon.Sementara itu, sebuah eksperimen oleh Confused.com mengungap bahwa jenis musik yang didengarkan juga berpengaruh terhadap perilaku saat berkendara. Misalnya, kecepatan berkendara pada laki-laki cenderung lebih tinggi ketika mendengarkan musik heavy metal dibanding jenis musik lain.

Eksperimen yang hanya melibatkan 4 laki-laki dan 4 perempuan ini menempatkan lagu ‘Hey Mama’ yang dibawakan oleh grup musik Black Eyed Peas sebagai lagu paling berbahaya untuk didengarkan sambil berkendara. Sebaliknya, lagu Norah Jones berjudul ‘Come Away with Me’ diklaim paling aman untuk didengarkan saat menyetir.